Bagi seorang entrepreneur, manager, atau yang berkecimpung di bidang marketing, presentasi bisnis adalah bagian dari aktivitas sehari-hari. Keberhasilan melakukan presentasi akan sangat berpengaruh terhadap bisnis ke depan atau keberlangsungan karir.

Oleh karena itu, penting untuk menyusunnya dengan baik kemudian menyampaikannya dengan tidak kalah baiknya. Penyampaian yang berhasil akan sangat dipengaruhi oleh sebaik apa persiapan yang telah dilakukan sebelumnya.

presentasi bisnis

foto : bigthink.com

Tujuan Presentasi Bisnis

Secara umum, tujuan presentasi bisnis yang akan kita bahas dalam tulisan ini adalah menginformasikan dan mengajak audiens untuk melakukan sesuatu.

Misalnya, presentasi tentang suatu produk, maka tujuannya adalah menginformasikan ke audiens tentang produk tersebut. Apakah produk itu, apa manfaatnya, dan apa kelebihannya dibanding produk lain yang sejenis, serta mengajak audiens untuk memilikinya.

Menyusun Presentasi Bisnis

Agar dapat mencapai tujuan, persiapan yang matang sangat diperlukan. Pada tulisan ini, kita akan fokus pada cara menyusun presentasi bisnis.

Agar presentasi yang akan disampaikan bisa mencapai tujuan diperlukan struktur yang baik. Karena, semakin baik struktur suatu informasi, maka semakin mudah untuk diterima dan dicerna oleh audiens. Tentu dengan ditunjang cara penyampaian yang baik juga. Dengan demikian, akan semakin mudah untuk meyakinkan dan mengajak audiens untuk bertindak sesuai dengan tujuan Anda melakukan presentasi.

struktur presentasi bisnis

Contoh struktur presentasi bisnis

Situasi

Tunjukkan Analisis situasi saat ini yang tidak mungkin dibantah oleh audiens atau situasi yang benar adanya. Misalnya Anda akan menawarkan kursus meningkatkan kompetensi bagi pencari kerja. Sampaikan analisis situasi saat ini, seperti jumlah pengangguran yang semakin meningkat atau perbandingan jumlah pencari kerja dan lowongan pekerjaan yang tersedia.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menunjukkan data yang akurat. Untuk memudahkan Anda dapat membuatnya dalam bentuk grafik, sehingga perbandingannya dapat terlihat secara gamblang.

Tantangan

Dari situasi yang Anda sebutkan sebelumnya, apa tantangan yang muncul. Dari contoh, tantangannya adalah tingkat persaingan untuk memenangkan satu kursi lowongan kerja menjadi sangat tinggi. Atau semakin ketatnya persaingan kerja.

Pertanyaan

Setelah memaparkan tantangan, harapannya adalah memunculkan pertanyaan dalam benak audiens. Apa yang bisa dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut. Atau tindakan apa yang perlu diambil untuk mengatasinya.

Misalnya, “bagaimana cara memenangkan persaingan kerja?” atau “apa yang bisa dilakukan sebagai pencari kerja agar bisa memenangkan kompetisi?”. Menjawab pertanyaan itulah yang menjadi tujuan presentasi.

Solusi

Nah, apa solusi yang bisa Anda tawarkan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang muncul tersebut? Inilah yang harus dikemukakan oleh presenter.

Inilah inti atau tujuan dari presentasi yang akan dijual kepada audiens. Untuk contoh kasus kita misalnya, mengikuti training/kursus untuk meningkatkan kompetensi di bidang tertentu.

Jangan lupa untuk menyampaikan apa kelebihan solusi yang Anda tawarkan. Apa perbedaan solusi dari Anda dibanding yang lainnya. Manfaat lebih apa yang dapat dirasakan oleh audiens.

Tindakan

Pada bagian ini memuat hal yang diinginkan presenter untuk dilakukan oleh audiens atau call to action. Seperti mendaftar kursus di perusahaan presenter.

Untuk memicu tindakan dapat ditambahkan promosi lainnya, seperti mendaftar setelah presentasi dilakukan akan mendapatkan diskon khusus, dll. Tergantung dari kreatifitas Anda dan tentu saja disesuaikan dengan bisnis masing-masing.

Demikianlah tips menyusun presentasi bisnis. Aplikasinya tentu saja disesuaikan dengan topik yang akan Anda sampaikan.

Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, jangan lupa dishare ke yang lain. Jika ada pertanyaan, pernyataan, atau pendapat lain bisa mengisi kolom komentar… ­čÖé

*) Disarikan dari presentasi PriceWaterhouseCoopers, “Menyusun Presentasi Bisnis Yang Efektif”.

 

Tulisan Lainnya...

Template PowerPoint Keren dan Profesional untuk Pr... Slide presentasi yang keren dan profesional bukan hanya dapat menarik perhatian audiens, tapi juga bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda selaku pres...
Tips Memilih Proyektor Presentasi Sesuai Kebutuhan Tips Memilih Proyektor Presentasi Sesuai Kebutuhan. Saat Anda berencana membeli proyektor kadang lupa untuk belajar memahami terlebih dahulu proyektor...
Cara Membuat Audiens Anda Tidak Tertidur Selama Pr... Salah satu penyebab gagalnya presenter menyampaikan maksud atau tujuan presentasi adalah karena audiensnya tertidur. Tidak sedikit presentasi yang kit...