“Ada tiga macam model bujukan yang dihasilkan dari kata-kata yang terucap. Pertama, bergantung pada karakter pribadi sang pembicara. Kedua, bergantung pada cara membawa pendengar menuju pemikiran tertentu. Dan ketiga, bergantung pada bukti-bukti yang dihadirkan oleh kata-kata yang diucapkan.”
~ Aristoteles

Seberapa sering Anda melakukan presentasi persuasif di hadapan pelanggan atau calon pelanggan? Jawabannya mungkin banyak atau sering kali. Namun, pertanyaan utamanya sebenarnya bukan itu. Melainkan, sejauh mana keberhasilan mempengaruhi mereka kemudian menjatuhkan pilihan kepada Anda atau perusahaan Anda.

Persaingan bisnis semakin hari semakin ketat. Dibutuhkan teknik tersendiri untuk dapat memperoleh kepercayaan pelanggan untuk memilih produk atau jasa yang kita tawarkan. Presentasi yang dilakukan di hadapan mereka haruslah dipersiapkan dan disampaikan sebaik mungkin untuk dapat meraih keberhasilan.

Bagaimana membuat presentasi yang sedemikian itu? Berikut ini beberapa tips membuat presentasi untuk dapat memenangkan hati pelanggan. Disarikan dari buku “Persuasive Proposals and Presentations” karya Heather Pierce.

1. Berilah Solusi

give-them-solution

Kenalilah calon pelanggan Anda dengan lebih baik. Apa persoalan yang mereka hadapi. Apa yang Anda punya untuk memecahkan masalah mereka. Atau yang dimiliki oleh produk atau jasa yang Anda tawarkan yang dapat membuat hidup mereka jadi lebih menyenangkan. Berilah solusi atas persoalan-persoalan calon pelanggan Anda.

2. Tunjukkan Keuntungannya

show-benefit

Produk atau jasa yang Anda tawarkan mungkin juga ditawarkan oleh orang atau perusahaan lain. Lantas, mengapa harus memilih Anda? Paparkan keuntungan apa yang akan calon pelanggan dapatkan dari produk atau jasa Anda. Keuntungan ini tidak semata-mata uang atau harganya lebih murah, melainkan bisa juga waktu atau tenaga. Misalnya, mesin yang ditawarkan mudah pemeliharaannya, mudah pengoperasiannya, atau produksinya dua kali lebih cepat dibanding lainnya. Bayangkan berapa banyak waktu yang bisa dihemat.

3. Jawab Pertanyaan Mereka

answer-their-question

Solusi yang Anda berikan bukan tidak mungkin disertai banyak pertanyaan. Presentasi Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Yakinkan mereka melalui jawaban Anda.

4. Tunjukkan Bukti

prove-it

Anda tidak bisa sekadar berkata, kami bisa melakukannya. Atau, percayakan saja kepada kami. Anda harus bisa membuktikan jika Anda memang bisa diandalkan. Tunjukkan bukti kesuksesan Anda menangani masalah serupa di masa lalu. Atau tunjukkan bukti kepuasan pelanggan Anda sebelumnya terkait produk atau jasa yang sedang ditawarkan.

5. Buat Mereka Merasa Aman

feel-secure

Salah satu kekhawatiran calon pelanggan adalah bagaimana setelah kami memakainya. Apakah akan susah jika ada masalah, apakah tahun depan biaya pemeliharaannya akan naik, dll. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini biasanya cukup mengganggu pemikiran mereka. Tunjukkan komitmen Anda terhadap mereka. Buat calon pelanggan Anda merasa nyaman dan aman. Anda bisa menunjukkan bagaimana after sales service perusahaan Anda dan kepuasan pelanggan Anda terhadapnya.

Demikianlah tips membuat presentasi untuk memenangkan hati calon pelanggan Anda. Jika ingin menambahkan tips lainnya, silakan melalui kolom komentar…

*) Sumber foto : PublicDomainPictures.net & MorgueFile.com