Berikut ini salah satu teknik presentasi yang efektif dan banyak digunakan oleh presenter handal. Teknik ini dikenal dengan singkatan BOMBER B. Apa sajakah itu?

http://www.flickr.com/photos/irrezolut/

Bang!

Bang! yang pertama ini adalah opening bang, yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens untuk mendengarkan Anda. Bisa dilakukan dengan memberi pernyataan yang mengagetkan, quote dari orang terkenal, pertanyaan, dll.

Selamat pagi. Saya berharap Anda tidak kehilangan mood setelah melewati semakin sempitnya Jalan Sudirman. Entah berapa lama lagi sebagian jalan tersebut akan ditutup. Proyek monorel ini memang menyita energi kita juga. Sudah dua kali di-launching, tapi tidak satupun yang tahu kapan selesainya. Baik, hari ini saya akan memperkenalkan produk baru dari kami yang akan membantu orang berhenti merokok. Tahukah Anda, setiap tahun di Indonesia lebih dari 200 ribu orang meninggal akibat penyakit yang ada hubungannya dengan rokok.

Jumlah ini jauh lebih besar dibanding angka ibu melahirkan per tahun, bahkan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Jumlah ini hanya disamai oleh korban tsunami beberapa tahun lalu, bedanya ini terjadi setiap tahun.

Untuk membuat Bang! Anda lebih mantap lagi gunakan visual untuk menunjukkan perbandingan data tersebut di atas.

Opening

Pada bagian ini, sampaikan tentang siapa Anda, apa yang akan Anda bicarakan, dan manfaat apa yang akan audiens dapatkan dari mendengar dan menyaksikan Anda. Melanjutkan apa yang telah disampaikan pada bagian Bang! secara sepintas, yaitu memperkenalkan produk baru.

Anda tentu tidak ingin Anda atau kerabat menjadi bagian dari data yang saya tampilkan tadi. Atau mungkin Anda sudah sering mencoba berhenti merokok namun belum juga berhasil. Produk kami bisa membantu Anda. Perusahaan kami, XYZ Health Company, menaruh perhatian yang besar akan masalah ini. Dari riset yang dilakukan oleh tenaga ahli kami selama beberapa tahun terakhir, dikeluarkanlah sebuah produk yang akan membantu berhenti merokok dengan success ratio yang tinggi.

Untuk membantu apa yang Anda katakan, tampilkan melalui slide struktur dari presentasi, profil perusahaan secara singkat, dan benefit dari presentasi Anda.

Message

Pesan yang ingin disampaikan melalui presentasi Anda. Mungkin Anda pernah mendengar “the rule of three“, bahwa audiens dapat mengingat dengan efektif maksimal tiga poin utama. Aturlah agar pesan Anda bisa diorganisasikan dalam tiga atau maksimal empat poin utama, agar dapat diterima dengan baik dan tinggal di benak audiens.

Bridge

Buatlah hubungan antara poin-poin yang Anda sampaikan dengan kebutuhan audiens. Beritahu bagaimana hal itu akan bermanfaat buat mereka.

Saya ingin bertanya, apa faktor terbesar yang membuat Anda sering gagal berhenti merokok selama ini?

Ya, Anda benar. Ketergantungan. Rasanya tidak bisa berpikir dan melakukan sesuatu tanpa merokok. Nah, salah satu kelebihan produk kami ini adalah mengurangi dan secara bertahap menghilangkan rasa ketergantungan tersebut.

Example

Berilah contoh untuk membantu audiens memahami apa yang Anda sampaikan.

Recap

Buatlah kesimpulan poin utama dari presentasi Anda.

Bang!

Bang yang terakhir ini adalah closing bang. Bertujuan untuk membuat audiens mengingat presentasi Anda. Bisa dilakukan dengan pernyataan dramatis yang berhubungan dengan pesan utama yang disampaikan, ucapan terima kasih yang dalam, atau call to action.

Kita telah sampai di bagian akhir, saya ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan interaksi Anda. Saya akan membagikan brosur produk kami kepada Anda sekarang. Jika Anda memutuskan untuk tidak mengambil bagian sebagai korban akibat merokok, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Pesan saya, batas antara angan-angan dengan kenyataan adalah bertindak, melakukan sesuatu. Dan jika Anda memutuskan bertindak sekarang untuk kesehatan Anda, produk kami bisa membantu.

Demikianlah secara singkat apa itu teknik presentasi BOMBER B beserta contoh penggunaannya. Apa Anda pernah mempraktekkannya? Bagaimana hasilnya?

 

Tulisan Lainnya...

Mempercantik Tampilan Grafik Presentasi PowerPoint Pada tulisan terdahulu, saya sudah membahas cara membuat grafik untuk slide presentasi PowerPoint. Namun, grafik yang saya pakai masih menggunakan tam...
Cara Memasukkan File Flash dalam Slide Presentasi ... Salah satu format animasi yang cukup banyak digunakan adalah .swf atau file shockwave flash. Banyak jenis software yang bisa digunakan untuk membuat a...
Cara Membuat Slide Presentasi yang Menarik dengan ... Saya pernah mendapatkan pertanyaan dari seorang pembaca blog ini melalui WA, “bagaimana cara membuat slide presentasi yang menarik, sedangkan saya tid...