Setelah memiliki tujuan dan bahan sudah terkumpul, tugas selanjutnya dalam persiapan presentasi adalah membuat kerangka atau struktur presentasi.

Ada banyak teknik menyusun struktur presentasi, tergantung jenis presentasi yang akan dilakukan. Apakah itu presentasi untuk promosi produk, presentasi bisnis, dll.

Struktur presentasi sangat penting untuk menjaga Anda tetap berada di lintasan. Anda tidak ingin tampil berbicara ngalor-ngidul dan melebar ke mana-mana bukan.

Karena itu hanya akan membuang waktu Anda dan audiens tanpa mencapai tujuan. Di samping itu, juga bisa membuat audiens merasa bosan dan tak lagi menaruh perhatian terhadap apa yang Anda berupaya sampaikan.

Struktur presentasi yang umum digunakan terdiri dari tiga bagian, yaitu pembuka, isi, dan penutup.

Isi

Lho kok sudah isi, pembukanya mana? Apa tidak salah tulis?

Saya biasanya memulai dari kerangka isi. Kalau isi presentasi sudah kelar akan memudahkan dalam menyusun pembuka dan penutupnya.

Dari topik yang ingin disampaikan cobalah untuk menguraikannya dalam beberapa poin utama. Kemudian dari poin-poin itu kembangkan lagi menjadi sub-poin.

Jangan lupa untuk memperhitungkan lama atau waktu yang ingin digunakan untuk presentasi. Kira-kira berapa menit yang dibutuhkan untuk menyampaikan satu poin utama.

Pembuka

Pembuka sangat penting karena di sinilah kesempatan Anda untuk menarik perhatian audiens tentang apa yang akan disampaikan, membangun kredibilitas Anda sebagai presenter bahwa Anda adalah orang tepat dan patut didengarkan, dan menyampaikan garis-garis besar presentasi.

Penutup

Jika pembuka harus menimbulkan kesan pertama yang menarik, maka penutup harus menimbulkan kesan terakhir yang mendalam sehingga akan diingat terus oleh audiens. Selain kesimpulan tentang presentasi yang telah disampaikan, dapat juga diisi dengan quote, pertanyaan retorik, dll.

Tulisan Lainnya...

Contoh Slide Presentasi yang Memikat Menggunakan slide saat presentasi sudah bukan hal yang asing lagi saat ini. Berbagai software untuk membuat slide pun banyak beredar di masyarakat, mu...
Menaklukkan Ketakutan Melakukan Presentasi Menaklukkan ketakutan melakukan presentasi adalah hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin tampil memikat. Karena menurut saya, Anda boleh melup...
Tips Membuat Presentasi yang Memenangkan Hati Pela... “Ada tiga macam model bujukan yang dihasilkan dari kata-kata yang terucap. Pertama, bergantung pada karakter pribadi sang pembicara. Kedua, bergantung...