3 Cara Mengatasi Gugup Sesaat Sebelum Presentasi dalam 2 Menit

Apa yang terjadi ketika Anda gugup atau nervous?

Mulut terasa kering. Nafas cepat dan dangkal. Keringat dingin. Gemetar.

Itu semua bisa mengganggu kemampuan bicara Anda. Kalau tidak diatasi, kemungkinannya Anda akan kewalahan dalam menyampaikan presentasi.

Berikut ini tiga cara yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi rasa gugup sesaat sebelum presentasi.

Cara Presentasi yang Baik dan Powerful untuk Menggugah Audiens

Dalam tulisan ini saya akan membahas cara presentasi yang baik dan powerful yang berdampak tinggi terhadap audiens. Sepanjang beberapa seri tulisan Anda akan belajar mengatasi demam panggung, memanfaatkan bahasa tubuh, dan berekspresi dengan suara.

Tulisan ini adalah bagian dari penyampaian (delivery) dari tiga topik utama terkait presentasi yang dibahas dalam blog ini, yaitu konten (content), desan (design), dan penyampaian (delivery).

Cara Presentasi yang Baik dan Menarik Menggunakan Teknik BOMBER-B

Pada tulisan kali ini, saya akan mengulas tentang cara presentasi yang baik dan menarik menggunakan teknik BOMBER-B. Ada berbagai teknik digunakan oleh presenter untuk dapat tampil memikat di hadapan audiens.

Pada intinya, mereka berusaha agar perhatian audiens tidak teralihkan selama presentasi dan tujuan presentasi dapat tersampaikan dengan sukses. Bukan hanya selama presentasi, tapi juga efek yang diharapkan setelahnya bisa tercapai.

Cara Membuat Audiens Anda Tidak Tertidur Selama Presentasi

Salah satu penyebab gagalnya presenter menyampaikan maksud atau tujuan presentasi adalah karena audiensnya tertidur. Tidak sedikit presentasi yang kita jumpai sebagian audiensnya justru asyik di alam mimpi.

Banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini bisa terjadi. Misalnya, presentasi yang dilakukan setelah jam makan siang. Ini tantangan berat bagi presenter untuk membuat audiens tetap terjaga.