Sabtu, 30 September 2017, trainer dan founder Master Presentasi, Kirman Syam, berkesempatan memberikan pelatihan public speaking untuk guru-guru di Yayasan Al-Amien Ciater, Tangerang Selatan.

Pelatihan yang bertajuk “Mastering Public Speaking Skills for Teachers, Cara Tampil Lebih Efektif dan Memikat di Depan Kelas” berlangsung mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB, bertempat di salah satu ruang kelas Yayasan Al-Amien. Acara ini diikuti 15 orang peserta dan dibuka langsung oleh Ketua Yayasan.

Pelatihan dibagi menjadi 4 sesi dengan metode 30% teori dan 70% praktek, yaitu:

Sesi I : Mastering your self

Pada sesi ini, peserta pelatihan yang terdiri atas guru-guru yayasan mulai dari SD, SMP, dan SMA ditantang untuk menggali kembali apa tujuannya menjadi guru. Apa motivasi mereka bangun di pagi hari dan bergegas ke Al-Amien untuk mengajar santri-santrinya.

Untuk menjadi guru yang luar biasa dan menginspirasi dibutuhkan semangat mengajar dan keinginan untuk terus mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi diri agar hal itu bisa dicapai.

Sesi II : Mastering your audiens

Pada sesi ini, peserta belajar untuk mendengarkan sebelum didengarkan. Bagaimana memahami santri-santrinya sebelum memulai pelajaran agar pelajaran yang disampaikan mengena. Juga disampaikan tiga tipe atau gaya belajar dan bagaimana beradaptasi dengan ketiga tipe tersebut sehingga pelajaran bisa tersampaikan dengan optimal.

Sesi III : Mastering your subject

Pelatihan ini tidak mencakup isi materi yang diajarkan, tapi bagaimana materi itu direncanakan, disiapkan, dan disampaikan. Sebelum menyiapkan materi, penting untuk mengetahui apa tujuan akhir dari pelajaran tersebut. Apa yang guru inginkan siswa ketahui di akhir pelajaran. Setelah tujuan akhirnya jelas, maka menyusun isinya bisa fokus dan terstruktur.

Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk memasukkan isi pelajaran ke dalam memori jangka panjang audiens. Teknik ini bisa dipadukan untuk membuat pelajaran lebih menarik dan diingat lebih lama.

Untuk menarik perhatian siswa mulai dari awal pelajaran, maka pembukaan yang memikat harus disiapkan. Bisa dengan cerita, melibatkan langsung siswa dengan bertanya, atau teknik lainnya.

Selanjutnya, bagian akhir dari pelajaran dibuat mengesankan agar diingat terus oleh audiens. Di bagian akhir ini terdiri dari pengulangan dari pokok pelajaran yang telah disampaikan dan call to action jika ada sesuatu yang santri harus lakukan setelah pelajaran.

Sesi IV : Mastering your delivery

Di bagian akhir ini, guru-guru Al-Amien disajikan pentingnya body language, kontak mata, dan suara saat mengajar. Di body language ada beberapa yang mesti mendapat perhatian, seperti cara berdiri, bergerak selama mengajar, bagaimana memanfaatkan tangan, dan ekspresi.

Setelah itu, juga ditunjukkan cara melakukan kontak mata yang baik. Serta cara berekspresi memanfaatkan suara, mulai dari besar kecil hingga cepat lambatnya suara selama mengajar.

Di setiap sesi terdapat latihan yang harus dikerjakan dan dipraktekkan oleh peserta. Beberapa di antaranya langsung praktek di depan kelas. Di bagian akhir, peserta melakukan praktek mengajar dengan memperhatikan keseluruhan isi pelatihan. Kemudian beberapa peserta yang lain diminta melakukan penilaian hal-hal yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan. Setelah itu baru kemudian trainer juga memberikan masukan.

Acara berlangsung gembira dan seluruh peserta antusias mengikuti, mengerjakan tugas, dan melakukan praktek di depan kelas.

Mudah-mudahan pelatihan ini membawa manfaat kepada seluruh peserta dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Membantu santri-santri di Yayasan Al-Amien Ciater mewujudkan cita-cita masa depannya. Amin.

pelatihan public speaking untuk guru

pelatihan public speaking untuk guru

pelatihan public speaking untuk guru

Testimoni beberapa peserta:

Diah Larasati

Jujur, saya adalah orang yang pemalu ketika diminta untuk tampil di depan orang banyak. Namun, dengan adanya training ini dapat menambah keberanian saya untuk mengeksplor diri. Semoga keberanian untuk hal yang lebih baik terus bertambah dalam diri saya.

Euis

Setelah saya mengikuti pelatihan hari ini, saya menjadi lebih percaya diri dan mengetahui teknik-teknik menjelaskan materi yang baik dan menarik. Barakallahu fikum.

Anda pun bisa mengadakan pelatihan public speaking untuk guru-guru di lembaga Anda (Tangerang Selatan dan sekitarnya). Silakan hubungi kami melalui kontak berikut ini untuk informasi in-house training: 0819 429 2332