Semakin baik kita mengenali audiens presentasi semakin besar kesempatan kita untuk melakukan presentasi efektif yaitu berhasil mencapai tujuan. Apa motivasi mereka datang dan mendengarkan, latar belakang pendidikan mereka, sedalam apa pengetahuan mereka tentang topik yang akan dibicarakan, jabatan atau posisi mereka di perusahaan, dll.

Mengenali audiens presentasi dengan baik akan berpengaruh positif terhadap rasa percaya diri kita. Berbeda kan rasanya melakukan presentasi di hadapan teman-teman kantor dengan di tengah orang-orang yang tidak kita kenal. Oleh karena itu, riset untuk mengenal calon audiens sangat perlu untuk dilakukan.

Sebagai contoh, saya sering melakukan presentasi di hadapan atasan dan rekan kerja tentang eksplorasi minyak. Melakukan riset tentang mereka relatif lebih mudah untuk dilakukan karena saya berinteraksi hampir setiap hari. Saya tahu latar belakang pendidikan, keahlian, lama bekerja, pengetahuan mereka tentang topik presentasi, jabatan mereka di perusahaan, dan motivasi mereka hadir mendengarkan saya. Ini akan sangat membantu saya dalam menyiapkan presentasi agar tujuan saya dan mereka bisa tercapai.

Bagaimana jika Anda akan melakukan presentasi di tengah-tengah orang asing? Orang-orang yang belum pernah Anda jumpai sebelumnya? Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melakukan riset tentang calon audiens presentasi kita. Jika itu perusahaan, kita dapat menghubungi sekretaris perusahaan untuk menanyakan siapa saja nanti yang akan hadir. Jika Anda akan melakukan presentasi bisnis di hadapan calon investor, Anda dapat menggali banyak informasi melalui teman-teman yang mengenalnya, melalui web perusahaannya, atau mungkin blog pribadinya.

Galilah sebanyak-banyaknya informasi tentang audiens Anda. Dengan mengenal mereka, kepercayaan diri Anda akan meningkat, akan sangat membantu dalam menyiapkan bahan presentasi, memudahkan dalam menyatukan persepsi, dan pada akhirnya adalah presentasi yang menarik perhatian audiens Anda.

Tulisan Lainnya...

Jadikan Slide Presentasi Anda Lebih Memikat Menggu... Para pembaca tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah ikon atau icon. Ikon banyak digunakan di berbagai keperluan, tapi yang akan kami bahas di sin...
Business Plan PPT Template Template PowerPoint ini dibuat dalam ukuran 16:9 (wide) dengan jumlah slide 39. PPT Business Plan dirancang khusus untuk presentasi rencana bisnis. T...
Mempercantik Tampilan Grafik Presentasi PowerPoint Pada tulisan terdahulu, saya sudah membahas cara membuat grafik untuk slide presentasi PowerPoint. Namun, grafik yang saya pakai masih menggunakan tam...