Salah satu hal penting yang harus dilakukan setelah bahan presentasi tersusun dengan baik adalah latihan presentasi. Mengapa perlu latihan? Pernahkah Anda melihat seseorang yang tampil berbicara di depan orang banyak dengan kalimat yang meluncur lancar dan tertata rapi? Percayalah, itu adalah hasil latihan dalam waktu yang lama dan juga pengalaman tentunya.

Bagi saya sendiri, ada beberapa manfaat banyak latihan sebelum presentasi yang saya rasakan.

  • Meningkatkan kepercayaan diri.
    Pernahkah Anda berada di suatu acara dan tiba-tiba diminta untuk berbicara di depan? Apa yang Anda rasakan salah satunya adalah kurang percaya diri. Berbeda jika kita sudah melakukan persiapan dan latihan sebelumnya.
  • Menguji kesinambungan poin-poin yang akan dibawakan.
    Kita bicara tentu ada maksud, ada pesan yang ingin disampaikan. Dengan berlatih, kita akan dapat merasakan dan menilai apakah penyampaian kita dari satu pesan ke pesan yang lainnya sudah berkesinambungan atau tidak.
  • Menemukan cara terbaik untuk menyampaikannya.
    Dengan banyak latihan, Anda akan menemukan cara paling pas untuk mengutarakan tujuan melakukan presentasi. Baik itu penekanan suara, bahasa tubuh, gestur, bagian mana yang harus diulang, dll.
  • Memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk presentasi
    Dengan latihan secara keseluruhan, Anda dapat melakukan estimasi berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan presentasi. Jika Anda dibatasi waktu, misalnya 15 menit atau 30 menit, dengan latihan bisa dilakukan penyesuaian. Jika menggunakan slide, kira-kira berapa slide yang Anda butuhkan untuk jangka waktu tersebut.

Nah, itulah beberapa manfaat latihan presentasi. Lantas, bagaimana melakukannya?

  • Berlatihlah di depan cermin.
    Cermin yang bisa menampilkan seluruh badan lebih baik lagi. Di depan cermin Anda bisa melatih bahasa tubuh, mimik muka, gestur, dll.
  • Gunakan alat perekam suara.
    Ini sangat bermanfaat untuk mengevaluasi suara Anda apakah sudah cocok dengan pesan yang sedang disampaikan. Misalnya, bagian yang ini intonasinya harus lebih ditekan, bagian yang itu harus diulang untuk penekanan, dll.
  • Berlatih di depan orang lain.
    Orang lain ini bisa teman, istri, anak, atau siapa saja yang bisa Anda ajak untuk memberi masukan terhadap presentasi Anda. Metode ini bisa sangat efektif untuk memberi masukan keseluruhan penampilan Anda.

Demikianlah pentingnya melakukan latihan sebelum presentasi dan bagaimana melakukannya. Semoga bermanfaat…

Tulisan Lainnya...

Cara Memanfaatkan Bonus Karakter Kartun Dalam Slid... Beberapa waktu yang lalu, saya telah menambahkan bonus 200 karakter kartun bagi member MasterPresentasi.com. Gambar kartun ini bisa Anda gunakan ...
Cara Tampil Antusias dan Penggunaan Intonasi Saat ... Pembaca setia MasterPresentasi.com, Awal minggu ini kami menerima sebuah email dari Yully Annastasia atau Sasha yang berisikan pertanyaan terkait p...
7 Cara Menutup Presentasi yang Baik dan Mengesanka... Foto dari sparkol.com Seperti halnya pembukaan, penutup presentasi juga harus memberi kesan yang mendalam bagi audiens. Bagian ini adalah kesempat...