Semua presenter ingin berhasil dalam melakukan presentasi. Berbagai persiapan pun dilakukan untuk mencapainya. Mulai dari riset audiens, penyiapan bahan, hingga latihan. Semua itu dilakukan agar presentasi yang dibawakan berhasil.

Lantas, bagaimana mengukur berhasil tidaknya presentasi yang dibawakan? Berikut ini 3 indikator presentasi yang berhasil.

Presentasi yang berhasil

sliderocket.com

Tujuan presentasi tercapai

Setiap presentasi dilaksanakan dengan suatu tujuan. Secara umum, presentasi ada dua jenis yaitu informatif dan persuasif. Tujuan presentasi informatif adalah memberi informasi kepada audiens, sedangkan persuasif bertujuan untuk mengajak atau mempengaruhi audiens untuk melakukan sesuatu.

Atensi audiens

Sebuah presentasi dikatakan berhasil jika mendapatkan atensi atau perhatian audiens sepanjang waktu. Saat ini banyak sekali pengalih perhatian, misalnya gadget atau mungkin cara Anda membawakan presentasi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga perhatian audies agar tetap tertuju ke presentasi yang sedang dibawakan.

Interaksi dengan audiens

Interaksi dengan audiens penting untuk menumbuhkan kepercayaan. Presentasi adalah salah satu bentuk komunikasi dan komunikasi terjadi jika ada interaksi diantara pembicara dan yang mendengarkan.

Jangan biarkan audiens Anda duduk dan diam saja, sesekali lemparkan pertanyaan atau mintalah feedback dari mereka. Dan jangan lupa untuk menjaga kontak mata dengan audiens.

Demikianlah 3 indikator presentasi yang berhasil. Semoga bisa menjadi sumber inspirasi Anda dalam melakukan presentasi…