PowerPoint sudah terkenal luas sebagai alat bantu untuk presentasi. Kemampuannya menyajikan slide presentasi tidak diragukan lagi. Apalagi pada versi-versi terakhir, banyak perbaikan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan kita terhadap slide presentasi yang berkualitas. Ini tentu saja didukung oleh kemampuan kita untuk memanfaatkan fitur-fiturnya secara tepat dan bijak.

Tahukah Anda, selain untuk keperluan presentasi, PowerPoint dapat juga dimanfaatkan untuk hal lain? Berikut ini beberapa hal tersebut.

Untuk Edit Foto

PowerPoint dapat digunakan untuk edit foto. Memang tidak secanggih Photoshop, namun untuk keperluan dasar, cukup bisa diandalkan. Apalagi bagi Anda yang tidak ingin pusing gonta-ganti software untuk keperluan editing foto yang akan dipakai dalam slide presentasi. Misalnya saja untuk menghilangkan warna latar sebuah foto.

powerpoint

Untuk menghilangkan warna latar dari foto, klik foto > tab format > remove background. Silakan atur kotak pada foto sesuai area latar yang ingin dihapus. Setelah cocok, klik keep changes. Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut.

powerpoint

Selain itu, masih ada lagi beberapa option yang dapat Anda pakai untuk mengolah foto seperti mengubah gelap terang, koreksi, dan beberapa efek lainnya.

format picture powerpoint

 

Membuat Album Foto

Membuat album foto dapat dilakukan dengan mudah menggunakan PowerPoint. Anda tidak perlu memasukkan satu per satu foto ke dalam slide. Anda bisa memasukkan sekaligus atau memilih foto mana saja yang ingin dimasukkan.

Caranya klik insert > photo album > new photo album.

album foto powerpoint

Nah, beberapa pengaturan pun dapat dilakukan. Misalnya menambah bingkai, mengatur warna, mengubah susunan foto, dll. Setelah semua oke, klik create dan album foto Anda pun sudah jadi.

 

Membuat video

Mulai PowerPoint 2007, Anda bisa mengekspor slide presentasi yang dibuat dalam bentuk video. Lengkap dengan segala animasi dan suara yang ada dalam slide tersebut. Caranya gampang, tinggal klik save as, kemudian pilih di save as type : windows media video.

video powerpoint

Tentu ini dilakukan setelah semuanya selesai sesuai dengan yang diharapkan.

Tulisan Lainnya...

Latihan Presentasi Salah satu hal penting yang harus dilakukan setelah bahan presentasi tersusun dengan baik adalah latihan presentasi. Mengapa perlu latihan? Pernahkah ...
Tips Animasi PowerPoint Pada Slide Presentasi Membuat slide presentasi menjadi lebih menarik bisa dilakukan dengan menambah animasi PowerPoint. Namun jangan berlebihan, karena bisa berbalik malah ...
Bagaimana Cara Menampilkan Data dalam Presentasi? ... Akhir-akhir ini saya ada keinginan untuk beli motor matic yang agak besar. Di pasaran ada dua jenis motor yang menarik perhatian saya, yaitu Yamaha NM...