Kesulitan membuat desain slide untuk presentasi seminar proposal skripsimu?

Saya ada solusi buatmu.

Sebuah template yang didesain khusus untuk kamu gunakan dalam presentasi proposal skripsi. Template PPT ini dibuat dalam ukuran wide (16:9), menggunakan perpaduan warna yang ciamik.

Template PPT proposal skripsi ini terdiri atas tiga bagian, sebagaimana struktur proposal tugas akhir pada umumnya, yaitu pendahuluan, tinjauan pustaka, dan metodologi penelitian. Kamu tinggal pilih desain yang sesuai kemudian edit kontennya sesuai dengan proposal skripsimu.

Berikut penampakannya:

Kamu dapat memiliki template PPT proposal skripsi ini dengan gratis. Untuk mendapatkannya, silakan masukkan email kamu di form yang tersedia. Link download akan saya kirimkan melalui email.

Dengan memasukkan email, berarti kamu setuju untuk menerima email dari kami di masa datang. Jangan khawatir, privasi kamu terjaga.

* indicates required

Setelah mengisi form di atas, silakan cek folder inbox atau spam email Anda. Konfirmasi registrasi Anda dengan klik link yang dikirimkan. Sesaat setelah konfirmasi, link download akan terkirim ke email Anda.

Silakan dishare agar lebih banyak yang dapat memanfaatkan template PPT ini. 🙂

Cara memanfaatkan template ini secara maksimal

Berikut ini beberapa tips bagaimana memanfaatkan template ini untuk membuat desain slide presentasi proposal skripsi yang menarik.

1. Siapkan outline lebih dahulu

Agar presentasi kamu terstruktur dengan baik, siapkan dulu outlinenya. Apa saja yang akan kamu tampilkan dalam slide. Tidak semua materi yang ada dalam proposal skripsimu akan kamu tuangkan ke slide bukan?

Secara umum sebenarnya sudah ada dalam dokumen proposal skripsi, yaitu:

– Pendahuluan, yang biasanya terdiri dari latar belakang masalah, lokasi penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan batasan masalah.

– Kajian pustaka, yang terdiri dari dasar teori dan hipotesis.

– Metodologi penelitian, yang terdiri dari data, alat, cara, alur, dan jadwal penelitian.

2. Buat slidenya

Setelah strukturnya jadi, barulah kemudian buka PowerPoint dan buat slidenya. Masukkan semua materi yang akan kamu tampilkan.

3. Simplifikasi

Salah satu penyebab banyaknya presentasi yang membosankan adalah slide yang ditampilkan penuh dengan kalimat. Slide dibanjiri dengan informasi, sehingga sebagian audiens sibuk membaca slide dan mengabaikan presenternya. Sebagian lagi sibuk sendiri dengan gadgetnya, karena tidak menemukan alasan untuk memperhatikan.

Jadi, tinjau kembali materi slide yang sudah kamu masukkan tadi. Yang tidak perlu silakan dibuang, yang kalimatnya panjang silakan diambil poin utamanya saja. Sehingga, slide tetap pada fungsinya sebagai alat bantu visual. Bukan dokumen apalagi teleprompter.

4. Pilih desain yang sesuai dan edit

Setelah semuanya selesai, saatnya membuat slide kamu menjadi lebih menarik menggunakan desain dari template PPT proposal skripsi. Kamu tinggal pilih desain yang sesuai kemudian edit kontennya. Tadaaaa… beres.