Menggunakan visual yang keren, seperti gambar atau foto, dalam slide bisa memberi dampak menguntungkan terhadap presentasi Anda. Bukan sekadar untuk mempercantik tampilan slide atau menarik perhatian audiens. Lebih dari itu, gambar yang sejalan dengan isi slide dapat menguatkan pesan yang ingin disampaikan.

Meski gambar bisa sangat berdampak dalam presentasi, masih sering kita temui slide yang menggunakan gambar seadanya dengan resolusi yang rendah. Bahkan, tidak jarang kita temui slide yang hanya dipenuhi dengan teks.

Alasan yang kerap dikemukakan adalah tidak memiliki gambar dengan resolusi yang memadai, karena gambar yang seperti itu biasanya mesti beli dan harganya cukup mahal.

7 tempat download gambar keren dan gratis

Nah, di postingan kali ini saya akan menuliskan 7 website dimana Anda dapat download gambar keren untuk slide presentasi yang akan Anda buat secara gratis… tis.

Ada banyak sebenarnya tempat download gambar atau foto di internet. Saya pilih ketujuh website ini karena:

  • Download tidak perlu login dulu.
  • Lisensinya CC0, gratis untuk personal maupun komersil dan tidak perlu atribusi (kalau mau diatribusi lebih baik).
  • Resolusinya besar, sehingga tidak pecah saat tampil slideshow

Yang paling sering saya tempati download adalah dua website pertama, karena stok gambarnya cukup banyak dan ada fitur pilihan dimensi gambar yang akan didownload. Selebihnya saya pakai jika di kedua website tersebut tidak menemukan gambar yang cocok.

1. Pexels.com

download gambar keren

Pexels ini salah satu tempat favorit saya mencari gambar. Fitur yang saya sukai adalah adanya pilihan ukuran gambar yang ingin didownload.

Dengan memilih ukuran gambar, kita bisa memilih yang tidak terlalu besar tapi memadai untuk ditampilkan di layar. Dengan begitu, ukuran file tidak mengambil tempat yang besar.

Pexels menyediakan stok foto dengan kualitas tinggi dan benar-benar gratis. Semua foto diberi tag dengan baik, sehingga mudah ditemukan melalui halaman pencariannya.

Lisensi foto terbilang simpel, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan apa saja termasuk personal dan komersil. Atribusi tidak perlu, tapi kalau dicantumkan akan dihargai.

2. Pixabay.com

Pixabay adalah komunitas kreatif untuk berbagi gambar dan video gratis. Semua konten dirilis di bawah Creative Commons CC0, yang membuatnya aman untuk digunakan tanpa meminta izin atau memberikan kredit kepada pembuatnya – bahkan untuk tujuan komersial.

Sama seperti Pexels, Pixabay juga menyediakan fitur pilihan besar gambar yang ingin didownload. Bedanya, tidak ada pilihan custom size.

3. Kaboompics.com

Kalau website yang ini relatif baru saya tahu. Juga ada fitur untuk memilih dimensi gambar, termasuk custom size.

Meskipun baru saya tahu, ternyata Kaboompics adalah salah satu sumber gambar gratis yang populer untuk gaya hidup, desain interior, dan blogger. Tentu saja bisa juga digunakan untuk slide presentasi.

4. Morguefile.com

Website ini tergolong tempat pertama saya download gambar untuk slide presentasi maupun untuk blog. Koleksi gambarnya cukup banyak juga, hanya tidak ada pilihan ukuran gambarnya.

5. Unsplash.com

Koleksi gambar di Unsplash terbilang banyak dan beragam juga, sehingga bisa menjadi alternatif untuk mencari gambar yang sesuai dengan slide presentasi Anda.

Unsplash mengklaim memiliki koleksi gambar lebih dari 550.000 foto resolusi tinggi dan gratis dapat Anda gunakan untuk keperluan apa saja. Foto-foto ini adalah karya komunitas fotografer paling dermawan di dunia untuk Anda.

6. Stocksnap.io

Stocksnap adalah website penyedia gambar untuk berbagai keperluan, baik itu untuk situs, membuat brosur, iklan, atau keperluan lainnya, termasuk untuk slide presentasi. Gambar atau foto yang tersedia berkualitas tinggi dan tentu saja gratis untuk didownload dan dimanfaatkan.

7. Gratisography.com

Gratisography menyediakan koleksi gambar beresolusi tinggi dan gratis, yang terdiri dari gambar terbaik dalam beberapa kategori. Situs ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mencari gambar yang unik untuk slide presentasi Anda.

Penutup

Karena sifatnya gratis, jangan bingung ketika menemukan gambar yang sama di beberapa situs di atas.

Untuk menghemat waktu Anda dalam membuat slide, pilih salah satu atau dua (seperti saya) sebagai tempat mencari gambar yang utama. Jika tidak ketemu yang sesuai, baru mencari ke website yang lain.

Fitur pilihan ukuran gambar yang akan didownload tidak semua website menyediakan. Mengubah ukuran gambar bisa Anda lakukan sendiri menggunakan software olah gambar juga PowerPoint.

Gambar-gambar ini bisa dikreasikan dalam membuat desain slide presentasi. Contoh-contoh desainnya dapat Anda lihat di halaman PPT Template.

Tulisan Lainnya...

Cara Memanfaatkan Bonus Karakter Kartun Dalam Slid... Beberapa waktu yang lalu, saya telah menambahkan bonus 200 karakter kartun bagi member MasterPresentasi.com. Gambar kartun ini bisa Anda gunakan ...
Mengenali Audiens Presentasi Semakin baik kita mengenali audiens presentasi semakin besar kesempatan kita untuk melakukan presentasi efektif yaitu berhasil mencapai tujuan. Apa mo...
Sering Menggunakan Bullet Point dalam Slide Presen... Apakah Anda sering menggunakan bullet point dalam slide presentasi? Sepertinya Anda akan menjawab ‘ya’. Bullet point banyak dimanfaatkan dalam slid...