Cara Cepat Mengubah Ukuran Beberapa Gambar Menjadi Sama. Gambar dari unsplash.com.

Di tulisan ini saya akan menunjukkan cara mengubah ukuran beberapa gambar menjadi sama di PowerPoint.

Ada kalanya kita ingin menggunakan lebih dari satu gambar dalam slide presentasi. Tapi, ukuran gambar tersebut berbeda-beda, sehingga perlu disamakan dulu agar tampilannya lebih ciamik.

Bagaimana melakukannya?

Cara yang umum dilakukan adalah dengan memotong gambar menggunakan alat crop yang ada di tab Format. Tinggal mengambil satu gambar sebagai acuan, kemudian memotong gambar yang lebih besar.

Overlay dahulu gambar yang ingin dipotong dengan gambar acuan. Ini perlu agar ukurannya benar-benar sama. Kemudian, klik gambar yang akan dipotong. Setelah itu beralih ke tab Format, pilih Crop.

Kalau gambarnya cuma satu yang mesti dipotong cara ini masih okelah untuk dilakukan. Tapi, bagaimana kalau gambarnya ada tiga, empat, atau lebih? Bisa memakan waktu juga kan.

Apa ada cara cepat untuk melakukannya?

Tentu ada. PowerPoint telah menyediakan alatnya. Namanya Picture Layout.

Misalnya Anda punya gambar seperti di bawah:

Setelah Anda memasukkan gambar ke dalam slide, sekarang waktunya mengatur agar ukurannya sama.

Caranya:

  1. Klik semua gambar yang akan disamakan ukurannya dengan cara klik gambar satu per satu sambil menekan tombol SHIFT pada keyboard (CTRL juga bisa).
  2. Klik tab Format
  3. Klik panah ke bawah pada Picture Layout
  4. Pilih layout yang cocok untuk Anda gunakan

Tadaaaa… Jadilah gambarnya seukuran semua. Tidak perlu khawatir karena gambarnya diubah secara proporsional.

Ada beberapa pilihan layout yang bisa Anda pilih. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, layout mana yang cocok untuk diaplikasikan.

Seperti yang Anda lihat pada slide terakhir, semua gambar telah diubah ke dalam ukuran yang sama. Cara ini bisa menghemat waktu Anda dalam membuat slide. Bayangkan jika Anda mesti memotong gambarnya satu-satu… hehehe.

Oh iya, panduan ini saya buat menggunakan PowerPoint 2010. Bisa diaplikasikan ke versi di atasnya. Sedangkan, 2007 ke bawah saya belum cek. Mungkin ada kawan-kawan yang menggunakan PowerPoint 2007 ke bawah. Apakah tool ini juga sudah ada?

Selamat mencoba…