Gambar dari pixabay.com

Gambar dari pixabay.com

Semalam, sebuah pesan masuk ke WA saya. Isinya sebuah pertanyaan dari seorang pembaca blog ini. Pagi ini baru saya jawab karena semalam saya sudah tidur ketika pesan itu masuk.

Pesan dikirim dari nomor 0857********, isinya begini:

Assalamu’alaikum MasterPresentasi.com. Kira-kira bagaimana sih cara bikin slide yang sederhana tapi menarik?

Pertanyaan yang simpel tapi menantang… hehehe.

Sebelumnya, saya juga pernah ditanya, dengan kemampuan PowerPoint hanya level dasar, bisakah menghasilkan slide presentasi yang menarik?

Di postingan kali ini, saya akan menjawab kedua pertanyaan tersebut. Dengan satu contoh slide, kita akan membuat slide presentasi yang sederhana tapi menarik. Sederhana di sini maksudnya Anda bisa membuatnya dengan pengetahuan dasar terhadap PowerPoint yang Anda miliki.

Berikut adalah slide yang akan kita ubah jadi menarik.

Anda tentu familiar dengan slide seperti di atas. Satu slide dibanjiri dengan banyak kata. Kenapa slide seperti ini sebaiknya dihindari?

Karena slide seperti itu membosankan dan menurut hasil penelitian John Medina dalam bukunya “Brain Rules”, kita tidak akan memperhatikan sesuatu yang membosankan. Selain itu, audiens akan sibuk membaca slide dan Anda akan diabaikan.

Mari kita buat slide tersebut lebih menarik meskipun itu sederhana. Bagaimana melakukannya?

Simplicity dan clarity

Jangan penuhi slide dengan kata-kata. Sederhanakan kalimatnya, buang yang tidak perlu dengan cara mengambil poin utamanya saja. Dengan begitu slide akan jadi simpel tapi jelas pesannya.

Buang yang tidak perlu dengan mengambil poin utama saja (warna kuning).

Buang yang tidak perlu dengan mengambil poin utama saja (warna kuning).

Hasilnya.

Hasilnya.

Ini hanya membutuhkan keterampilan dasar PowerPoint. Yang dibutuhkan adalah kejelian Anda melihat poin utama yang terkandung dalam kalimat.

Atur posisinya

Agar menarik kita tambahkan gambar. Tapi, jangan asal menempatkan teks dan gambar dalam slide. Atur sedemikian rupa posisinya agar tampak menarik.

Pengaturan teks dan gambar.

Pengaturan teks dan gambar.

Membuatnya cukup sederhana. Anda tinggal masukkan gambar melalui tab Insert >> Picture. Kemudian gambar dicrop secara proporsional. Setelah itu diatur secara horisontal kemudian teks disimpan di bawah gambar.

Relevansi

Relevansi ini maksudnya kesesuaian antara gambar yang digunakan dengan teks yang Anda tampilkan. Gunakan gambar yang ada hubungannya dengan tulisan. Kalau tidak berhubungan, khawatir nanti malah merusak perhatian audiens.

Kontras

Yang tak kalah pentingnya adalah kontras atau perbedaan antara dua elemen. Kalau dalam slide presentasi, yang perlu diperhatikan adalah kontras warna latar dengan warna huruf yang digunakan. Jangan sampai audiens mengalami kesulitan membaca teks yang Anda sampaikan.

Pada contoh slide di atas saya menggunakan latar putih dengan huruf warna hitam. Kontrasnya besar sehingga mudah dibaca oleh audiens.

Bagaimana menurut Anda? Sederhana tapi menarik kan slidenya?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar presentasi dan  desain slide presentasi, silakan kirim ke kami. Pertanyaan terpilih akan dibahas dalam rubrik tanya jawab di blog ini.

Sampai jumpa di postingan tanya jawab berikutnya… 🙂

Tulisan Lainnya...

Contoh Slide Presentasi yang Memikat Menggunakan slide saat presentasi sudah bukan hal yang asing lagi saat ini. Berbagai software untuk membuat slide pun banyak beredar di masyarakat, mu...
Belajar Keterampilan Berbicara dari Bill Clinton Bill Clinton adalah seseorang yang memiliki keterampilan berbicara yang sangat bagus. Ia memiliki kemampuan membuat pidato atau presentasinya berkesan...
Download Template PowerPoint Gratis, Siap Edit dan... Membuat slide presentasi yang memikat audiens memang perlu waktu. Apalagi jika Anda harus memulainya dari awal. Padahal, waktu persiapannya kadang mep...