Pertanyaan yang kadang muncul ketika akan membuat slide presentasi adalah seberapa banyak yang mesti saya buat. Jawabannya bisa bermacam-macam tergantung presentasi yang akan dibawakan dan alokasi waktunya berapa. Kadang-kadang ada yang membuat sedikit slide karena waktunya terbatas. Namun, dalam satu slide dipenuhi berbagai informasi sehingga akhirnya juga memakan waktu.

Sebelum menjawab seberapa banyak slide yang Anda harus siapkan, sebaiknya mari kita lihat dulu kegunaan slide atau alat bantu visual ini.

  • Slide presentasi, baik itu dibuat dengan PowerPoint atau lainnya, adalah alat bantu visual untuk membantu Anda menyampaikan pesan ke audiens. Jadi, jangan menulis semua pesan ke dalam slide cukup poin pentingnya saja. Karena, audiens akan fokus membaca slide dan meninggalkan Anda.
  • Slide presentasi dibuat untuk audiens bukan buat presenter. Yang kadang terjadi presenter membuat slide presentasi untuk dirinya sendiri. Sehingga, pada saat presentasi hanya sibuk membaca slide saja dan melupakan interaksi dengan audiens.

Kaidah 10 – 20 – 30 dari Guy Kawasaki

Anda mungkin pernah mendengar kaidah 10 – 20 – 30 untuk slide presentasi PowerPoint dari Guy Kawasaki. Kaidah ini menyatakan :

  • 10 slide adalah jumlah yang optimal untuk satu presentasi
  • 20 menit adalah waktu untuk bicara
  • 30 poin adalah ukuran huruf terkecil yang digunakan

Kaidah ini bisa dijadikan acuan dalam menyiapkan jumlah slide presentasi, khususnya presentasi bisnis seperti presentasi produk atau jasa ke calon klien. Namun, tentu saja tidak berlaku untuk setiap situasi. Untuk presentasi dengan waktu yang lebih lama akan memerlukan penyesuaian.

Lantas, berapa jumlah slide yang perlu disiapkan dalam satu presentasi?

Pertimbangan utamanya adalah waktu dan pesan yang ingin disampaikan. Berapa banyak pun jumlah slide yang Anda buat, asalkan mencakup keseluruhan pesan dan dapat disampaikan dalam jangka waktu yang disediakan, tidak masalah. Jangan memaksakan sedikit slide tapi banjir informasi, sehingga mengorbankan unsur desain. Padahal, menambah slide dalam PowerPoint tidak bayar.

Yang perlu Anda perhatikan adalah :

  • Waktu penyampaian satu slide tidak sama, bergantung informasi yang Anda tampilkan. Slide yang mengandung informasi biasa, diagram, tabel, atau grafik memerlukan waktu yang berbeda-beda dalam penyampaiannya.
  • Slide yang berisi pesan utama atau informasi penting akan berbeda waktu penyampaiannya dengan slide dengan informasi pendukung.

Di sinilah pentingnya latihan menyampaikan presentasi menggunakan slide yang telah Anda buat. Selain melatih kesinambungan atau transisi antar slide, juga untuk mengukur waktu yang diperlukan.

Buatlah aturan sendiri

Seberapa banyak jumlah slide, sebenarnya bisa diperkirakan ketika Anda membuat kerangka presentasi. Misalnya, Anda akan melakukan presentasi tentang sebuah produk sekitar 15 menit. Anda perlu waktu 7 menit untuk satu slide yang disertai demo produk, sementara dari latihan dan pengalaman Anda sebelumnya butuh sekitar 2 menit untuk menyampaikan satu slide. Berarti Anda masih bisa membuat empat slide lagi untuk sisa waktunya.

Ketika membuat slide presentasi untuk sebuah workshop yang berdurasi sekitar 2 jam, saya memutuskan untuk membuat sekitar 30 slide saja. Karena ada waktu yang diperlukan untuk peserta untuk mengerjakan tugas selama workshop. Tinggal mengatur waktu melaksanakan tugas agar waktu yang dialokasikan cukup.

“Don’t worry about your slide count. Just make your slides count.”
~ Duarte.com

Bagaimana dengan Anda?

Bagaimana Anda menentukan jumlah slide yang perlu disiapkan untuk suatu presentasi?

 

*) Kredit foto rgbstock.com

Tulisan Lainnya...

The Master Pro PPT Template Template PowerPoint ini dibuat dalam ukuran 16:9 (wide) dengan jumlah slide 52. The Master Pro dapat Anda gunakan untuk berbagai jenis presentasi. Te...
Cara Presentasi yang Baik dan Menarik Menggunakan ... Pada tulisan kali ini, saya akan mengulas tentang cara presentasi yang baik dan menarik menggunakan teknik BOMBER-B. Ada berbagai teknik digunakan ole...
Belajar Presentasi dari Film “The King’... Belajar presentasi tidak hanya dapat dilakukan melalui membaca buku, tapi juga dapat melalui film. Kali ini saya ingin menampilkan slide presentasi da...