Bill Clinton adalah seseorang yang memiliki keterampilan berbicara yang sangat bagus. Ia memiliki kemampuan membuat pidato atau presentasinya berkesan dan selalu teringat oleh audiens.

Berikut ini salah satu pidato Bill Clinton untuk Presiden Obama di konvensi Partai Demokrat.


Berdasarkan fastcompany, ada tiga teknik yang sering digunakan Bill Clinton untuk membuat pidatonya senantiasa dikenang oleh audiens.

  • Clinton tahu saat yang tepat untuk berhenti dan melanjutkan kembali pidatonya. Perhatikan ketika ia mengucapkan, “We’re going to keep President Obama on… the… job“.
  • Penggunaan gesture yang sesuai dengan kalimat yang diucapkan. Perhatikan bagaimana Clinton menggunakan tangannya untuk membantu penekanan kata yang diucapkan.
  • Clinton tahu cara yang sesuai untuk menyampaikan sesuatu. Anda mungkin sudah pernah dengar Mehrabian’s formula of communications yang menyatakan bahwa keberhasilan komunikasi itu melibatkan 7% verbal, 38% vokal, dan 55% visual. Perhatikan bagaimana cara Clinton mengucapkan suatu kata dan ekspresi wajahnya.

Anda tentu punya teknik tersendiri dalam melakukan pidato atau presentasi. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah wawasan kita dan membantu meningkatkan keterampilan berbicara kita masing-masing.

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat jangan lupa dibagikan yang lain ya. Atau bisa juga meninggalkan jejak melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat…