proyektor presentasiTips Memilih Proyektor Presentasi Sesuai Kebutuhan. Saat Anda berencana membeli proyektor kadang lupa untuk belajar memahami terlebih dahulu proyektor yang tepat sesuai yang anda butuhkan. Hal ini bisa saja berakibat kurang baik, karena belum tentu sesuai dengan kebutuhan presentasi dan tata ruang anda.

Padahal keberadaan proyektor yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda akan sangat membantu kemudahan, kelancaran, mendukung kepercayaan diri dan kepuasan Anda dalam memanfaatkan proyektor yang Anda beli, khususnya saat melakukan presentasi. Keberadaan proyektor yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda memberikan kepastian akan kesempurnaan pemanfaatannya.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda membaca tips sederhana cara tepat memilih proyektor ini. Kami memberikan tips menarik, sederhana dan mudah untuk Anda gunakan sebagai referensi pembelian proyektor yang tepat. Tips sedehana ini akan mempermudah anda mengenal dan menetukan pilihan yang tepat saat Anda berencana membeli proyektor untuk keperluan presentasi ataupun keperluan lainnya.

Pilih Tipe Proyektor yang Tepat

Dua tipe teknologi proyektor yang populer saat ini adalah teknologi DLP proyektor dan teknologi LCD proyektor. Yang paling sering kita temui adalah LCD Proyektor (Liquid Crystal Processing), karena tipe ini paling populer digunakan untuk presentasi di dalam ruangan. LCD Proyektor memiliki tingkat kecerahan yang lebih baik, resolusi dan dan aspek rasio yang tinggi. Akan tetapi jika digunakan dalam home theater, apalagi dengan kelebaran yang lebih, maka LCD Proyektor akan menghasilkan efek pintu layar (screen door efect) dan tampilan pixel yang kurang bagus.

Teknologi DLP Proyektor (Digital Light Proses) sangat cocok untuk home theater. Proses penggunaan ‘kaca kecil-kecil tajam’ menghasilkan akurasi warna dan kontras tinggi yang indah dan jelas. Hanya saja teknologi ini menghasilkan efek pelangi (rainbow efek) yang sering mengganggu jika digunakan presentasi.

Sebetulnya ada lagi tipe teknologi LCoS yang telah mampu menggabungkan kelebihan dari tipe LCD proyektor maupun DLP proyektor dalam satu proyektor. Akan tetapi tipe LCoS ini jarang ditemui di pasaran.

Sesuaikan dengan Luas Ruangan

Jika digunakan dalam ruangan sedang untuk presentasi, maka pilihlah LCD Proyektor dengan jarak tembak yang sesuai. Jika proyektor dipasang hanya dalam satu tempat saja, maka berat tidak menjadi soal. Akan tetapi jika digunakan dalam banyak ruangan dan berpindah-pindah, maka pilihlah LCD proyektor yang ringan.

Sesuaikan dengan Anggaran

Penting bagi Anda menghitung proporsi kebutuhan dengan keuangan Anda. Menyesuaikan pembelian proyektor dengan anggaran memungkinkan Anda memilih proyektor yang tepat dan tidak membuat anda menyesal salah pilih. Anggarkan juga untuk kabel dan layar proyektor jika dibutuhkan.

Sesuaikan Colokan Input dan Output dengan Kebutuhan Anda

Jika input proyektor akan anda gunakan hanya dari laptop, maka cukup input VGA dan output video. Anda juga dapat memilih proyektor yang anda beli memiliki input HDMI, EDTV, SDTV dan HDTV.

Lakukan Perbandingan

Untuk dapat melakukan perbandingan tentu tidak diperbolehkan tergesa-gesa. Lakukan kunjungan ke beberapa toko atau pameran untuk mempertajam pemahaman anda tentang proyektor, kelebihan-kekurangan dan juga harga-harganya. Pendapat atau saran dari beberapa penjual menyesuaikan dengan kebutuhan anda akan sangat membantu pemahaman anda.

Jika waktu Anda sangat terbatas, Anda dapat menggali informasi dari browsing atau meminta pendapat pada teman-teman Anda yang paham untuk membantu memberikan pertimbangan pada keputusan Anda. Dengan demikian Anda mempunyai pencerahan dan pemahaman yang baik tentang proyektor untuk dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Sebagai bahan pertimbangan, INFOCUS Projector [IN112A] merupakan proyektor dengan harga terjangkau tetapi dengan spesifikasi yang memberikan nilai lebih. Dapatkan proyektor dengan tingkat kecerahan 3.000 Lumens, konektivitas yang lengkap, 3D Ready dan hasil proyeksi yang tajam dengan harga yang sangat terjangkau. Daya tahan bohlam yang mencapai 10.000 jam merupakan nilai tambah ekonomis proyektor ini.

INFOCUS Projector [IN112A]

INFOCUS Projector [IN112A]