“Next…”, “Slide berikutnya…”, “Lanjut…”, mungkin Anda sering mendengar kata-kata ini diucapkan oleh presenter dalam suatu sesi presentasi.

Jika tidak, mungkin Anda pernah melihat seorang presenter mondar-mandir ke laptop yang digunakannya untuk memindahkan slide berikutnya.

Begitulah repotnya melakukan presentasi menggunakan PowerPoint jika presentasi sendiri atau menggunakan operator alias joki.

Padahal, ada alat yang bisa membantu Anda melakukan presentasi dengan lebih baik. Alat ini dikenal dengan nama wireless laser pointer atau pointer presentasi.

Ini adalah pengembangan dari pena laser yang biasa digunakan dalam presentasi. Dengan tambahan kemampuan terhubung dengan komputer menggunakan USB wireless. Sehingga memiliki kemampuan untuk maju-mundur slide, keluar dari presentasi, dan fungsi dasar lainnya.

Ada banyak jenis pointer presentasi di pasaran dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Bagaimana memilih alat yang tepat sesuai kebutuhan? Berikut tipsnya.

Perhatikan jangkauan

Jangkauan yang saya maksud adalah seberapa jauh maksimal posisi alat dari komputer untuk tetap berfungsi. Jangkauan ini bisa 10 m – 30 m, bahkan mungkin ada yang lebih jauh lagi.

Jika ruangan presentasi cukup luas dan kemungkinan Anda akan bergerak jauh dari komputer, pilihlah laser pointer yang kemampuan jangkauannya jauh.

Fitur kendali

Fitur yang disediakan oleh laser pointer bisa berbeda-beda sesuai dengan harganya. Yang murah biasanya hanya tersedia untuk maju – mundur slide dan keluar saja.

Sedangkan yang lebih mahal tersedia fitur tambahan seperti klik kiri – kanan, layar hitam, pengaturan volume, indikator baterei, dan indikator jarak.

Fitur-fitur ini akan sangat membantu Anda selama presentasi. Misalnya daya beterai sudah mulai berkurang atau ketika Anda bergerak sudah terlalu jauh.

Warna laser

Warna laser yang biasa saya temui ada merah, biru, dan hijau. Jika tempat presentasi Anda agak terang, sebaiknya memilih laser berwarna hijau. Karena warna hijau lebih nampak dibandingkan warna lainnya.

Demikianlah beberapa tips dalam memilih wireless laser pointer untuk membantu kesuksesan presentasi Anda.

Tips tambahan, pilihlah laser pointer yang colokan USB-nya bisa dimasukkan ke alatnya. Biasa terjadi colokan USB tercecer, sehingga kembali lagi ke cara lama. Tapi, saya lihat produk pointer yang sekarang sih sudah seperti itu. Sekadar mengingatkan…

Jangan arahkan pointer ke mata audiens Anda karena berbahaya dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai dijadikan mainan.

So, buat presentasi Anda semakin profesional dengan pointer khusus untuk presenter. Salah satunya yang dapat Anda pilih adalah TARGUS Wireless Presenter [AMP17AP].

Pointer ini bisa dikatakan terbaik di kelasnya dengan harga yang tergolong murah dengan fasilitasnya yang mumpuni. Menggunakan koneksi Wireless 2.4 GHz yang memungkinkan Anda dapat mengatur slide presentasi dari jarak jauh. Jarak maksimal Wireless mencapai 15 meter.

Dengan ini Anda dapat dengan bebas bergerak ke sekeliling ruangan untuk menyajikan presentasi yang lebih atraktif.

TARGUS Wireless Presenter [AMP17AP]

TARGUS Wireless Presenter [AMP17AP]