Home » Presentasi PowerPoint » Tips Memilih Huruf Presentasi PowerPoint

Tips Memilih Huruf Presentasi PowerPoint

Aug
07
2012
by : Master Presentasi . Posted in : Presentasi PowerPoint

Penggunaan jenis huruf yang tepat sangat menentukan nyaman tidaknya slide presentasi Anda untuk dilihat. Banyak presenter yang menghabiskan banyak waktu untuk memilih-milih huruf yang unik dan fancy. Namun, hasil yang diperoleh malah slide presentasinya susah untuk dibaca.

http://www.flickr.com/photos/schytteupdate/

Berikut ini beberapa tips memilih jenis huruf yang akan digunakan dalam slide presentasi PowerPoint.

Gunakan jenis huruf San-serif dibanding Serif

Yang mana sih huruf San-serif? Ya sebangsa Arial, sedangkan Serif misalnya Times New Roman. Anda tentu sudah familiar dengan jenis huruf ini karena paling sering digunakan mengetik di Word. Pada proyektor dengan resolusi rendah, huruf Serif cenderung kabur sehingga jadi susah dibaca oleh audiens. Apalagi jika audiens cukup banyak sehingga ada yang posisi duduknya agak jauh dari layar.

Perhatikan besar huruf

Gunakan besar huruf yang berbeda untuk judul dan isi slide. Tidak ada aturan baku sebenarnya untuk ini, tapi biasanya untuk judul digunakan ukuran 36, sedangkan isi menggunakan besar 24.

Gunakan huruf miring sesuai keperluan

Jangan mengisi satu slide presentasi Anda dengan huruf miring semuanya, karena akan sulit untuk membacanya dengan cepat. Gunakanlah hanya untuk menarik perhatian atau menegaskan sesuatu.

Jangan terlalu banyak kombinasi huruf

Mungkin akan menarik menurut Anda, tapi kombinasi terlalu banyak huruf dalam presentasi malah akan mengalihkan perhatian audiens. Anda tidak ingin perhatian audiens malah tidak fokus pada Anda dan apa yang Anda sampaikan bukan? Gunakanlah paling banyak dua jenis huruf, misalnya Arial dan Arial Black.

Demikianlah, beberapa tips dalam memilih huruf untuk slide presentasi PowerPoint. Semoga bermanfaat…

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Terpopuler

Master Presentasi
Pamulang 2
Phone
Copyright © 2012