Animasi PowerPoint

Posted by on 2 Aug, 2012 in Presentasi PowerPoint | 0 comments

Membuat slide presentasi menjadi lebih menarik bisa dilakukan dengan menambah animasi PowerPoint. Namun jangan berlebihan, karena bisa berbalik malah mengganggu atau mengalihkan perhatian audiens. Kita tentu tidak ingin audiens malah lebih memperhatikan animasi-animasi yang ada di slide presentasi dibanding Anda dan isi presentasi Anda.

Dulu, ketika saya masih kuliah, saya senang menggunakan berbagai macam animasi jika ada tugas presentasi kuliah. Bahkan, secara khusus meluangkan waktu untuk mencoba-coba semua jenis animasi bawaan software. Jika tidak puas, saya kadang menggunakan software lain untuk membuat animasinya semenarik mungkin. Bukan hanya itu, animasinya pun kadang disertai dengan suara-suara yang mengagetkan misalnya suara bom yang menyertai munculnya tulisan baru atau slide baru.

Sumber gambar : publicdomainpictures.net

Hasilnya bisa ditebak, audiens saya sebagian terkagum-kagum dan sebagian lainnya justru terkaget-kaget. Tapi yang pasti semuanya malah tidak memperhatikan isi presentasi saya. Mereka malah fokus pada animasi dan suara-suara yang menyertai slide-slide yang saya buat.

Tips Menggunakan Animasi PowerPoint

Berikut ini beberapa tips menggunakan animasi dalam slide presentasi Anda.

  • Jangan gunakan animasi pada setiap slide. Tidak perlu memaksakan untuk menggunakan animasi dalam setiap slide.
  • Hindari kombinasi animasi yang berlebihan dalam satu slide. Misalnya huruf yang loncat-loncat dan animasi masuk kalimat yang beterbangan.
  • Hindari penggunaan animasi yang lambat. Jangan membuat audiens bosan menunggu selesainya animasi slide Anda.
  • Jangan menggunakan animasi transisi antar-slide lebih dari 3 jenis dan gunakan yang sederhana saja.

Demikianlah tips penggunaan animasi dalam membuat slide presentasi agar tidak membuat bosan atau malah mengalihkan perhatian audiens. Dengan pemilihan yang tepat, audiens Anda akan tertarik dan fokus pada isi presentasi yang dibawakan. Dengan demikian, tujuan melakukan presentasi akan terpenuhi.

Semoga bermanfaat… :)

 

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: