Home » Teknik Presentasi » Teknik Presentasi Efektif

Teknik Presentasi Efektif

Aug
29
2012
by : Master Presentasi . Posted in : Teknik Presentasi

Teknik presentasi efektif boleh jadi selalu dicari-cari oleh presenter atau orang-orang yang sering berbicara di depan orang lain. Karena presentasi bukan sekadar bicara, ada tujuan tertentu yang harus dicapai. Oleh karena itu, diperlukan teknik atau cara tersendiri agar tujuan kita melakukan presentasi bisa tercapai.

Berbeda halnya dulu ketika saya masih kuliah, yang penting bisa tampil memukau, tidak begitu peduli tujuan tercapai atau tidak. Saya masih ingat benar jika ada tugas presentasi mata kuliah, maka saya akan sibuk menyiapkan slide presentasi PowerPoint dengan berbagai animasi yang memikat. Meskipun, kadang pesan yang ingin saya sampaikan justru tidak tertangkap oleh audiens.

Kasus lain yang sering terjadi adalah kurangnya perhatian audiens terhadap presentasi yang disampaikan. Ada yang sibuk dengan gadgetnya bahkan ada yang tertidur. Ini adalah contoh presentasi yang tidak efektif.

Sumber gambar : ihatepresentations.com

Teknik Presentasi yang Efektif

Lantas yang bagaimanakah presentasi yang efektif itu? Teknik presentasi seperti apa yang dikatakan efektif? Sebuah presentasi dapat dikatakan efektif jika tujuan diadakannya dapat dicapai, atau pesan yang ingin disampaikan ke audiens bisa diterima dengan baik.

Untuk mencapainya diperlukan proses yang saling mendukung mulai dari persiapan hingga penyampaian presentasi. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan :

Kendalikan rasa takut

Rasa takut berbicara di depan orang banyak kerap menghantui bukan hanya pembicara baru, bahkan yang sudah biasa pun kadang dilanda perasaan ini. Suatu hal yang wajar sebenarnya, namun jangan sampai mengganggu sehingga perlu dikendalikan. Karena jika tidak, Anda boleh melupakan segala macam tips dan teknik melakukan presentasi.

Bagaimana cara mengendalikannya? Ada banyak cara yang bisa dilakukan baik itu ketika melakukan persiapan maupun sesaat sebelum presentasi. Yang terpenting adalah mengenali penyebab munculnya rasa takut tersebut. Penyebabnya bisa macam-macam, misalnya pengalaman buruk melakukan presentasi di masa lalu, kurang persiapan, presentasi di hadapan atasan atau orang asing, dll. Jika penyebabnya hal-hal seperti ini, maka mengatasinya adalah dengan persiapan dan latihan yang matang. Pastikan Anda menguasai dengan baik bahan presentasi, slide didesain dengan menarik, dan latihan penyampaian.

Jika muncul rasa takut sesaat sebelum presentasi atau gugup, yakinkan diri Anda bahwa semuanya telah dipersiapkan dengan baik. Atur napas, ambil napas panjang kemudian hembuskan, minumlah beberapa teguk air putih, tenangkan diri Anda.

Mengapa Anda Melakukannya?

Anda tentu tidak tampil begitu saja bukan? Ada alasan yang melatarbelakanginya. Ini penting untuk diketahui guna membantu menyiapkan bahan dan bagaimana seharusnya Anda membawakannya. Termasuk dalam hal ini adalah mengapa Anda bicara, dan apa tujuan presentasi yang ingin dicapai.

Mengetahui tujuan presentasi penting untuk dirumuskan sedini mungkin saat melakukan perencanaan. Agar tidak keliru dalam meyiapkan bahan dan teknik penyampaiannya kelak.

Kenali audiens

Menurut Nancy Duarte dalam bukunya Resonate, pahlawan dalam sebuah presentasi bukanlah Anda sebagai presenter, melainkan audiens. Merekalah sasaran dari tujuan Anda melakukan presentasi. Jadi, kenalilah audiens Anda dengan baik. Ini juga akan sangat membantu dalam menyiapkan bahan presentasi serta bagaimana Anda seharusnya tampil.

Ada beberapa hal yang mesti Anda riset tentang calon audiens, seperti siapa saja mereka, latar belakang pengetahuan tentang topik yang akan dibawakan, apa kira-kira ekspektasi mereka mengikuti presentasi Anda.

Persiapkan bahan presentasi dengan matang

Persiapan bahan presentasi bisa dimulai dengan mengumpulkan materi-materi yang akan dimasukkan, kemudian menyusun strukturnya. Struktur presentasi yang umum dipakai adalah pembukaan, bagian isi, dan penutup. Bahan presentasi tersebut dapat menggunakan alat bantu visual, misalnya PowerPoint, agar lebih menarik.

Dengan Anda mengetahui tujuan presentasi atau pesan yang ingin disampakaikan akan memudahkan dalam menyiapkan bahan presentasi. Bahan ini bisa dari mana saja, misalnya buku, tulisan di internet, dll. Untuk memudahkan semuanya harus diorganisir dengan baik. Bagian buku yang akan dipakai diberi tanda, sumber internet disimpan di bookmarks, gambar, grafik, tabel juga demikian. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber jika memasukkan pendapat, tulisan, gambar bukan milik sendiri.

Jangan remehkan latihan

Banyak latihan bisa meningkatkan rasa percaya diri. Bisa dilakukan sendiri di depan kaca atau meminta bantuan teman sebagai audiens untuk memberi masukan tentang penampilan kita. Yang perlu dilatih, diantaranya adalah cara atau gaya berdiri, cara dan nada berbicara, kecepatan bicara, efektivitas alat bantu visual, dll. Dengan latihan pula kita dapat memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang nantinya dapat muncul dan berapa kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan keseluruhan isi presentasi.

Sampaikan dengan antusias

Sumber gambar : strategicleadershipinstitute.net

Kata orang bijak, antusias itu menular, Anda harus antusias dahulu jika mengharapkan audiens mendengarkan dengan antusias. Bukalah presentasi Anda dengan memukau untuk memenangkan perhatian audiens. Sampaikan isinya dengan penuh percaya diri dan tutup dengan mengesankan.

Bagaimana agar tampil antusias? Satu-satunya cara menurut saya adalah dengan menyukai topik presentasi yang Anda bawakan. Jika tidak, berpura-puralah menyukainya. It’s all about passion, istilah kerennya. Jika memiliki hasrat yang besar terhadap topik yang dibawakan, secara otomatis Anda akan tampil penuh semangat alias antusias.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat melakukan teknik presentasi yang efektif. Ulasan lengkap tentang bagian-bagian di atas dapat Anda temukan pada tulisan lain dalam blog ini. Harapan saya tips ini dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan dan kesuksesan melakukan presentasi di bidang apapun yang Anda geluti.

Jika Anda memiliki tips lain, jangan ragu untuk membaginya dengan kami dan pembaca lainnya melalui komentar di bawah ini. :)

 

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Terpopuler

Master Presentasi
Pamulang 2
Phone
Copyright © 2012