Pengertian Presentasi

Posted by on 25 Apr, 2012 in Teknik Presentasi | 2 comments

Bagi para master, pengertian presentasi tentu bukan hal yang asing lagi. Tapi, tidak apa-apalah saya tuliskan lagi untuk menyamakan persepsi sebelum membaca lebih lanjut tulisan-tulisan dalam blog ini. Presentasi adalah komunikasi antara pembicara dengan orang/sekelompok orang atau disebut audiens. Jadi, presentasi adalah salah satu bentuk komunikasi.

Pengertian Presentasi

Sumber gambar : studentpreneur.com

Ada banyak pengertian komunikasi yang pernah diungkapkan oleh para master komunikasi, salah satunya dari Bernard Barelson & Garry A. Steiner. Menurut mereka, komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb (saya ambil dari Wikipedia).

Dari definisi tersebut, dapat kita katakan presentasi adalah proses perpindahan informasi, gagasan, emosi, dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dll dari seorang pembicara pada audiens dengan maksud tertentu. Maksud ini bisa bermacam-macam sesuai dengan alasan dilakukannya presentasi, misalnya untuk menyampaikan informasi, untuk mempengaruhi, dll.

Nah, dari definisi di atas jelas kan apa yang dimaksud presentasi. Jadi, harus ada yang berbicara dan pendengar atau kelompok pendengar. Dan, yang penting di antara keduanya adalah perpindahan informasi atau apa saja yang menjadi tujuan pembicara. Nah, kita sudah sepaham mengenai pengertian presentasi.

2 Comments

  1. Begitu ya Om…
    Saya sering salah menyebut dengan “persentasi”…

    Kalau yg ini apa definisinya Om?

    • Saya juga kadang-kadang menyebutnya begitu Om. Tapi, yang baku presentasi. Kata persentasi malah tidak ditemukan dalam kamus besar Bahasa Indonesia…. hehehe.

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: