Saya pernah mendapatkan pertanyaan dari seorang pembaca blog ini melalui WA, “bagaimana cara membuat slide presentasi yang menarik, sedangkan saya tidak terlalu menguasai PowerPoint?”

Sebenarnya, hanya dengan menguasai dasar-dasar PowerPoint, Anda sudah bisa membuat slide presentasi yang menarik. Berikut ini beberapa tips untuk melakukannya menggunakan PowerPoint 2013.

Pertama, pilihlah desain yang simple. Saya biasanya menggunakan tema default yang kemudian saya kostumasi. Apa saja yang bisa dikostumasi? Apakah mudah melakukannya?

Kostumasinya gampang kok, tinggal klik tab Design. Yang sering saya kostumasi itu warna latar, huruf, sama kombinasi warna.

Di tab Design, klik tanda panah paling bawah grup Variants. Nanti akan muncul menu yang menampilkan hal-hal yang akan dikostumasi di atas.

cara membuat slide

Di bagian Colors, Anda bisa mengubah kombinasi warna, di Fonts bisa mengubah jenis huruf yang digunakan, dan di Background Styles dapat mengubah warna latar dari slide.

Kedua, pilih huruf yang bergenre San-Serif dibanding Serif. Mengapa San-Serif? Karena menurut para ahli, jenis huruf ini lebih mudah dibaca dan bentuk hurufnya lebih besar.

Huruf Serif biasanya ditandai dengan adanya lekukan pada ujung-ujung huruf, sedangkan San-Serif tidak. Contoh huruf San-Serif yang umum dikenal adalah Arial, sedangkan Serif adalah Times New Roman.

Pastikan besar hurufnya memadai ketika ditampilkan di layar untuk dapat dibaca oleh audiens Anda yang duduk paling jauh. Menggunakan kombinasi huruf dalam satu slide boleh-boleh saja asal tidak terlalu ramai, nanti malah merusak perhatian audiens. Saya pribadi maksimal menggunakan dua jenis huruf dalam satu slide.

Ketiga, gunakan warna latar yang cukup kontras dengan warna huruf. Ini penting untuk memastikan poin yang Anda tulis dalam slide dapat dibaca dengan mudah oleh audiens.

Keempat, jangan banjiri audiens dengan banyak teks dalam satu slide. Tuliskan poin utamanya saja.

Banyak presenter yang kadang copy-paste saja dari dokumen word. Semua informasi dimasukkan dalam satu slide, sehingga tampak padat. Akibatnya, audiens sibuk membaca slide dan mengabaikan presenternya.

Dengan menerapkan empat tips di atas, meskipun keterampilan PowerPoint Anda terbatas, saya yakin Anda bisa membuat slide presentasi yang menarik.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan template yang sudah jadi. Anda tinggal mengeditnya saja sesuai dengan presentasi yang akan dilakukan.

Contohnya adalah template PowerPoint yang ada dalam halaman membership MasterPresentasi.com. Template-template tersebut dibuat untuk membantu Anda membuat slide presentasi yang menarik dengan mudah dan cepat.

Misal, Anda memiliki slide seperti di bawah ini:

Memanfaatkan template PowerPoint dari MasterPresentasi, slide di atas bisa Anda ubah menjadi lebih menarik dengan mudah dan cepat.

cara membuat slide presentasi

Berikut cara melakukannya:

Pertama, temukan template yang sesuai dengan slide Anda. Template MasterPresentasi.com disusun berdasarkan kegunaannya, misal untuk slide judul, agenda, timeline, dll. Jadi memudahkan Anda dalam menggunakannya.

Kedua, pilih sesuai dengan kebutuhan. Misal untuk agenda atau timeline, Anda membutuhkan yang berapa stage. Tersedia 3 hingga 6 stage yang sangat memudahkan Anda untuk mengeditnya.

Ketiga, edit sesuai isi slide Anda. Dan jadilah slide yang menarik dengan mudah dan cepat.

Template MasterPresentasi.com dapat Anda lihat secara lengkap di halaman membership.

Demikianlah cara membuat slide presentasi yang menarik, meskipun Anda tidak terlalu menguasai PowerPoint. Dengan memanfaatkan template dari kami, Anda tidak perlu jago desain. Cukup download, pilih, edit, dan jadilah slide presentasi yang menarik.

Selamat mencoba…