Penggunaan grafik dalam slide presentasi PowerPoint adalah hal biasa. Dibanding menampilkan angka atau tabel, grafik lebih direkomendasikan agar maksud yang ingin disampaikan lebih mudah ditangkap oleh audiens. Di tulisan kali ini kita akan mengenal jenis-jenis grafik dan cara membuat grafik di PowerPoint.

tabel - grafik

Di atas adalah sebuah contoh bagaimana menampilkan sebuah data penjualan dalam beberapa bulan. Menyajikannya dalam bentuk tabel atau angka ke audiens tentu akan menyulitkan atau butuh waktu yang lebih lama untuk melihat bagaimana tren penjualannya. Berbeda jika ditampilkan dalam bentuk grafik, trennya dengan mudah kelihatan dan bisa dipertegas dengan menambah garis panah ke atas.

Memilih Grafik Yang Tepat

Dalam PowerPoint tersedia berbagai macam jenis grafik atau chart untuk mendukung presentasi. Ada bar, line, pie chart, dan lain-lain. Bagaimana penggunaannya? Berikut ini beberapa jenis grafik dan cara menggunakannya.

Column Chart

Column chart atau grafik batang vertikal cocok digunakan oleh data untuk menampilkan peringkat. Misalnya, Anda ingin menunjukkan peringkat negara-negara berdasarkan angka kemiskinan dari beberapa tahun.

grafik presentasi powerpoint

Bar Chart

Bar chart atau grafik batang horisontal biasa digunakan untuk melakukan perbandingan data, misalnya perbandingan kecepatan, lama, atau waktu. Jika Anda akan melakukan presentasi produk, misalnya scanner, bar chart cocok digunakan untuk menampilkan data perbandingan kecepatan scan dengan merk kompetitor.

grafik presentasi powerpoint

Pie Chart

Pie chart cocok digunakan untuk menampilkan persentase. Misalnya, Anda ingin menunjukkan ke audiens atau calon pelanggan bagaimana salah satu produk perusahaan Anda mendominasi pasar. Seberapa besar market share-nya.

grafik presentasi powerpoint

Line Chart

Untuk menunjukkan tren atau kecenderungan bisa menggunakan line chart. Misalnya, Anda ingin menunjukkan bagaimana tren penjualan pada bulan yang sama dari beberapa tahun.

grafik presentasi powerpoint

Atau mungkin Anda ingin menampilkan data bagaimana tren penjualan produk perusahaan Anda yang terus meningkat dan telah melampaui penjualan perusahaan kompetitor.

grafik presentasi powerpoint

Cara membuat grafik di PowerPoint

Setelah sebelumnya Anda mengenal beberapa jenis grafik yang ada dalam PowerPoint, sekarang saatnya untuk latihan. Kita akan berlatih bersama cara membuat grafik di PowerPoint.

  1. Klik tab Insert
  2. Klik Chart
  3. Pada jendela yang terbuka, silakan pilih jenis grafik yang akan digunakan pada kolom sebelah kiri.
  4. Pilih variasi grafik di kolom kanan atas.
  5. Klik OK

cara membuat grafik di powerpoint

Setelah itu, akan tampil grafik beserta datanya dalam bentuk tabel.

  1. Kita bisa mengedit data tersebut sesuai dengan yang kita miliki.
  2. Setelah diedit, klik tanda silang di ujung kanan tabel untuk menutup.

cara membuat grafik di powerpoint

Mudah kan?

Bagaimana jika ternyata ada salah input datanya? Bagaimana cara editnya?

  1. Klik kanan pada grafik
  2. Pilih Edit Data
  3. Klik Edit Data

cara membuat grafik di powerpoint

Nanti akan muncul tabel yang berisi data. Silakan diedit.

Setelah semuanya oke, sekarang tinggal mempercantik tampilan grafiknya agar menarik bagi audiens.

Lebih dalam tentang visualisasi data ini bisa Anda dapatkan melalui training sehari kami “Powerful Presentation Visual“.