Home » Presentasi PowerPoint » Cara Membuat Grafik Untuk Slide Presentasi PowerPoint

Cara Membuat Grafik Untuk Slide Presentasi PowerPoint

Feb
21
2013
by : Master Presentasi . Posted in : Presentasi PowerPoint

Penggunaan grafik dalam slide presentasi PowerPoint adalah hal biasa. Dibanding menampilkan angka atau tabel, grafik lebih direkomendasikan agar maksud yang ingin disampaikan lebih mudah ditangkap oleh audiens.

tabel - grafik

Di atas adalah sebuah contoh bagaimana menampilkan sebuah data penjualan dalam beberapa bulan. Menyajikannya dalam bentuk tabel atau angka ke audiens tentu akan menyulitkan atau butuh waktu yang lebih lama untuk melihat bagaimana tren penjualannya. Berbeda jika ditampilkan dalam bentuk grafik, trennya dengan mudah kelihatan dan bisa dipertegas dengan menambah garis panah ke atas.

Memilih Grafik Yang Tepat

Dalam PowerPoint tersedia berbagai macam jenis grafik atau chart untuk mendukung presentasi. Ada bar, line, pie chart, dan lain-lain. Bagaimana penggunaannya? Berikut ini beberapa jenis grafik dan cara menggunakannya.

Column Chart

Column chart atau grafik batang vertikal cocok digunakan oleh data untuk menampilkan peringkat. Misalnya, Anda ingin menunjukkan peringkat negara-negara berdasarkan angka kemiskinan dari beberapa tahun.

grafik presentasi powerpoint

Bar Chart

Bar chart atau grafik batang horisontal biasa digunakan untuk melakukan perbandingan data, misalnya perbandingan kecepatan, lama, atau waktu. Jika Anda akan melakukan presentasi produk, misalnya scanner, bar chart cocok digunakan untuk menampilkan data perbandingan kecepatan scan dengan merk kompetitor.

grafik presentasi powerpoint

Pie Chart

Pie chart cocok digunakan untuk menampilkan persentase. Misalnya, Anda ingin menunjukkan ke audiens atau calon pelanggan bagaimana salah satu produk perusahaan Anda mendominasi pasar. Seberapa besar market share-nya.

grafik presentasi powerpoint

Line Chart

Untuk menunjukkan tren atau kecenderungan bisa menggunakan line chart. Misalnya, Anda ingin menunjukkan bagaimana tren penjualan pada bulan yang sama dari beberapa tahun.

grafik presentasi powerpoint

Atau mungkin Anda ingin menampilkan data bagaimana tren penjualan produk perusahaan Anda yang terus meningkat dan telah melampaui penjualan perusahaan kompetitor.

grafik presentasi powerpoint

Nah, mudah bukan? Menyajikan data agar lebih mudah dipahami oleh audiens dalam bentuk grafik. Bagaimana pengalaman Anda membuat grafik untuk slide presentasi PowerPoint?

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

satu komentar tentang “Cara Membuat Grafik Untuk Slide Presentasi PowerPoint”

  1. […] saya ingin memberi tantangan kepada Anda pembaca blog ini. Di postingan sebelumnya, ada beberapa grafik yang saya tampilkan. Tantangannya adalah mempercantik salah satu dari grafik […]

Leave a Reply

Terpopuler

Master Presentasi
Pamulang 2
Phone
Copyright © 2012