Salah satu penyebab gagalnya presenter menyampaikan maksud atau tujuan presentasi adalah karena audiensnya tertidur. Tidak sedikit presentasi yang kita jumpai sebagian audiensnya justru asyik di alam mimpi.

Banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini bisa terjadi. Misalnya, presentasi yang dilakukan setelah jam makan siang. Ini tantangan berat bagi presenter untuk membuat audiens tetap terjaga.

Dalam tulisan kali ini kita akan membahas beberapa cara agar audiens Anda tidak tertidur ketika mengikuti presentasi.

Cara Membuat Audiens Anda Tidak Tertidur Selama Presentasi

Pulas dah… (Sumber foto : tribune.com.pk)

1. Buatlah singkat, jangan panjang-panjang dan bertele-tele

Menurut John Medina, penulis buku “Brain Rules”, otak manusia akan kehilangan fokus setelah 10 menit. Jadi, buatlah presentasi Anda sekitar 10 menit saja.

Sebagian besar presentasi mungkin akan sulit memenuhi syarat ini. Untuk mengatasinya, Anda harus bisa mengatur presentasi Anda agar tidak berjalan monoton. Buatlah interaksi, joke, atau aktivitas lainnya dalam interval 10 menit.

Hal lain yang perlu diperhatikan, saat menyampaikan sesuatu hindari penjelasan yang terlalu panjang dan terkesan bertele-tele. Karena hal ini bukannya akan membuat audiens Anda paham, melainkan bisa-bisa malah tertidur.

2. Berinteraksilah dengan audiens Anda

Cara Membuat Audiens Anda Tidak Tertidur Selama Presentasi

Presentasi yang interaktif (Sumber foto : dulwich.org.uk)

Kadang-kadang kita jumpai presenter yang asyik dengan dirinya sendiri. Seakan-akan berbicara kepada dirinya. Mungkin ini trik untuk mengatasi gugup tampil di depan audiens, tapi resikonya audiens bisa tidak memperhatikan yang disampaikan atau bahkan mungkin malah tidur.

Berinteraksilah dengan audiens Anda untuk membuatnya tetap fokus ke Anda dan terjaga. Bisa dengan menanyakan sesuatu ke mereka atau membuat aktivitas bersama sebagai selingan.

3. Pastikan Anda mengerti presentasi yang Anda sampaikan

Tidak peduli presentasi yang Anda bawakan dadakan, Anda harus memahami betul bahan presentasi. Karena, jika Anda terkesan tidak paham dengan baik apa yang dibicarakan, kemungkinan besar audiens akan jatuh tidur.

4. Sampaikan sesuatu yang penting untuk audiens

Orang akan memperhatikan jika sesuatu yang disampaikan itu penting atau bermanfaat bagi mereka. Misalnya Anda melakukan presentasi penjualan sebuah software, jangan berlama-lama menjelaskan tentang pengalaman Anda sebagai sales, profil perusahaan Anda, dan lain-lain yang sebenarnya tidak menarik bagi audiens.

Penyampaian tentang siapa Anda dan perusahaan Anda tetap perlu untuk membangun kredibilitas, tapi bukan itu yang utama. Bicaralah sesuatu yang penting tentang software tersebut bagi audiens. Bagaimana software itu bisa membuat hidup mereka lebih mudah. Hal semacam ini lebih menarik untuk mereka dengar.

5. Tampillah antusias

Cara Membuat Audiens Anda Tidak Tertidur Selama Presentasi

Samuel Taylor pernah berkata bahwa antusiasme itu menular. Jika Anda tampil antusias di hadapan audiens, besar kemungkinan audiens Anda pun akan antusias mengikuti presentasi. Tampil antusias juga dapat menunjukkan passion atau hasrat Anda yang begitu besar terhadap materi yang dipresentasikan.

6. Beritahu audiens Anda sesuatu yang baru

Jangan hanya bicara sesuatu yang sudah diketahui secara umum. Beritahu audiens Anda sesuatu yang baru. Sesuatu yang mampu membuat mata audiens Anda tetap terjaga dan fokus pada apa yang Anda bicarakan.

Jika Anda bicara sesuatu yang sudah diketahui oleh audiens, apa alasan mereka untuk tetap mendengarkan Anda. Sampaikan sesuatu yang berbeda, meskipun mungkin topiknya sudah umum. Misalnya, solusi yang baru dan efektif terhadap masalah-masalah lama yang kerap dihadapi oleh audiens.

7. Jangan melakukan presentasi dalam ruangan gelap atau remang-remang

Biasanya, sebelum presentasi kita mematikan semua lampu dalam ruangan agar slide presentasi tampil lebih jelas. Yang kadang dilupakan, ruangan yang gelap atau remang-remang ditambah AC membuat audiens gampang terlelap dalam tidur.

Usahakan hanya mematikan lampu yang berada tepat di sekitar layar proyektor dan biarkan lampu di daerah audiens untuk tetap menyala.

Demikianlah beberapa cara untuk membuat audiens Anda tetap terjaga alias tidak tidur selama presentasi. Semoga bermanfaat…

Referensi tulisan :

http://blog.jazzfactory.in/2015/07/7-ways-to-ensure-less-people-sleep-in.html